Minggu, 31 Agustus 2014

Aba-aba Knife fish



Ikan Aba aba, si predator lucu berbentuk pisau

Aba aba knife fish (Gymnarchus niloticus) merupakan karnifora/predator spesies ikan listrik dan ternyata satu-satunya dari genus Gymnarchus dan famili Gymnarchidae. Ikan ini adalah ikan yang sangat unik dan lucu, karena berbeda dengan jenis ikan lainnya. Berasal dari Afrika, tepatnya di sungai niil,kongo,chad,turkana,senegal,dan gambia.
Ikan ini memiliki ciri badan yang unik dan berbeda dengan knife fish pada umumnya, Aba aba hanya memiliki 2 sirip untuk berenang satu terletak memanjang pada sepanjang punggungnya. Kedua, sepasang sirip kecil di samping badannya. Karena tidak memiliki sirip dada maupun sirip perut ikan ini memiliki gaya berenang yang berbeda dengan ikan ikan biasanya. Cara memburu dan mengidentifikasi mangsanya pun sangat unik. Ikan Aba Aba menggunakan aliran listrik yang dia buat, dengan pusat positif di kepala dan negatif di ekor. Sehingga ikan ini dapat melacak mana kah mangsa maupun objek benda mati.

Kingdom:Animalia
Phylum:Chordata
Class:Actinopterygii
Order:Osteoglossiformes
Family:Gymnarchidae
Genus:Gymnarchus

Meski terlihat lucu dan tidak menyeramkan, ikan ini memiliki sifat yang garang. Yaitu, sifat teritoril dan agresif dalam memburu mangsanya. Tidak heran jika ikan ini sangat sensitif dengan tankmatenya, bahkan beberapa pehobi ikan predator sengaja menaruh si ikan Aba aba ini berada sendirian. karena tidak sedikit tankmate yang "di hajar" oleh ikan ini. Untuk sobat yang mau berminat memelihara ikan ini, dianjurkan untuk memisahnya dari ikan lain yang lebih kecil. Suhu yang baik 23-28 derajat celcius dan dapat tumbuh hingga berukuran 1,5m. Jika ukurannya sudah cukup besar, sobat harus berhati hati dalam tangan anda ketika  memasukkan tangan anda. karena, ikan ini dapat menyambar dengan baik tangan kiri sobat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar